Wasit Asal Italia Kerap Bawa Hoki Tim Amerika Latin

Wasit asal Italia, Nicola Rizzoli bakal memimpin partai final yang mempertemukan Jerman dan Argentina di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil.

Rizzoli baru resmi menerima lisensi sebagai wasit FIFA pada tahun 2007, setelah memulai karier di tahun 1998 dengan menjadi wasit Serie C, Italia. Kemudian di tahun 2001 dirinya memimpin partai-partai di kasta yang lebih tinggi, yaitu Serie B. Barulah di tahun 2010 pria kelahiran Modena tersebut resmi sebagai wasit Serie A, Italia.

Di Piala Dunia 2014, Rizzoli sudah memimpin tiga pertandingan, yakni Spanyol vs Belanda, Nigeria vs Argentina, dan Argentina vs Belgia di babak perempat final. Seperti dikutip dari Goal.com, sebelum Rizzoli tercatat ada dua wasit asal Italia lainnya yang pernah memimpin final Piala Dunia. Dua wasit tersebut adalah Sergio Gonella tahun 1978 dan Pierluigi Collina di tahun 2002.

Menariknya adalah, ketika wasit asal Italia memimpin final Piala Dunia, negara asal Amerika Latin keluar sebagai juaranya. Pertama, Final Piala Dunia 1978 saat Gonella memimpin, Argentina keluar sebagai juara. Ketika itu Gonella memimpin pertandingan antara Argentina melawan Belanda dengan kedudukan akhir 3-1 untuk kemenangan Mario Kempes dkk.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s