Maracana, Saksi Juara Pertama dari Eropa atau jadi Pesta Tetangga

Hanya ada dua petarung yang bakal memperebutkan satu kemenangan. Kemudian hanya ada satu tempat yang bakal menjadi saksi sejarah juara Piala Dunia 2014, yakni Stadion Maracana. Stadion yang terletak di salah satu kota besar di Brasil, Rio de Janeiro.

Stadion Maracana menjadi saksi juaranya Uruguay pada partai final Piala Dunia 1950 yang diselenggarakan di Brasil. Namun ketika itu stadion yang berkapasitas 200.000 orang itu seketika menjadi lautan air mata, pasalnya tuan rumah Brasil harus mengakui keunggulan Uruguay 1-2.

Sebenarnya nama resmi Stadion Maracana awalnya adalah Stadion Mario Filho, yang digunakan sebagai penghargaan atas usul seorang jurnalis Brasil, Mario Filho, untuk mendirikan tempat megah ini. Stadion ini bertempat di dekat sungai kecil yang berada didekatnya, dan seiring waktu nama Maracana ternyata lebih populer.

Untuk kedua kalinya Stadion ini bakal menjadi saksi sejarah di Piala Dunia 2014. Sayang ceritanya tidak terlalu manis, bukan Brasil yang akan ada di sana, namun Jerman dan sang tetangga, Argentina. Meski final Piala Konfederasi 2013 yang digelar di tempat yang sama, bukan obat manjur bagi rakyat Brasil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s