Saat yang tepat bagi Jerman

Empat kali berturut-turut semifinal, delapan kali masuk final, ditambah pencetak gol terbanyak Piala Dunia sepanjang sejarah semuanya berasal dari Jerman. Ini merupakan waktu yang tepat bagi Jerman untuk menjadi juara Piala Dunia untuk keempat kalinya sepanjang sejarah sepak bola Tim Panser.

Piala Dunia 2014 menjadi waktu yang tepat untuk Jerman menjadi juara Piala Dunia, setelah terakhir kalinya juara di tahun 1990. Sebenarnya Jerman berkesempatan menjuarai turnamen yang mulai digelar pada tahun 1930 ini, ketika pada edisi 2002 berhasil menembus hingga babak final.

Sayang, Der Panzer harus menyerah 0-2 dari Brasil yang ketika itu sedang galak-galaknya. Empat tahun berselang Jerman juga memiliki peluang yang lebih besar, setelah Piala Dunia 2006 diadakan di negara yang dulu sempat terpecah menjadi dua bagian tersebut, Jerman Barat dan Jerman Timur. Akan tetapi justru Jerman kandas di semifinal oleh Italia, sekaligus jawara turnamen di tahun tersebut.

2010 nasib Jerman tak jauh berbeda. Anak asuh Joachim Loew ketika itu harus rela tersungkur lewat gol semata wayang Carles Puyol, kala menghadapi Spanyol di semifinal, yang juga keluar sebagai juaranya.

Seakan tidak mau mengulangi derita tersebut, Jerman tampil dengan meyakinkan. Menghajar Portugal 4-0, mengalahkan Prancis 1-0 di perempat final, dan menghancurkan tuan rumah 7-1 di semifinal, kini Jerman tinggal selangkah lagi meraih mimpi, kalau mampu melewati hadangan Argentina di partai terakhir Piala Dunia 2014.

Di atas kertas Jerman memang sedikit unggul. Sebabnya dua kali bertemu di Piala Dunia terakhir, yakni 2006 dan 2010, Die Mannschaft mendominasi. Piala Dunia 2006, Jerman menang lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di 120 menit. Puncaknya adalah ketika Jerman menghajar Albiceleste, yang ketika itu dilatih oleh Diego Maradona dengan skor telak 4-0.

Permasalahannya adalah kini ada pada diri Jerman sendiri. Apabila anak asuh Joachim Loew terlalu jumawa, bukan tidak mungkin mereka bakal terpeleset, dan pada akhirnya gelar bakal menjadi milik Argentina.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s