Ini Biaya Turis di Brasil Selama Piala Dunia

Menjelang Piala Dunia 2014 di Brasil yang berlangsung selama satu bulan antara 12 Juni hingga 13 Juli mendatang, membuat harga-harga makanan, minuman dan penginapan melambung tinggi. Terutama bagi untuk turis selama kunjungannya di sana.

Harga satu minuman caipirinha koktail bisa mencapai Rp 120 ribu, lalu ada cheeseburger berharga hingga Rp 200 ribu, kemudian satu loyang pepperoni pizza berharga Rp 400 ribu lebih.

“Harga di Rio tidak masuk akal,” kata Maria Andari, seorang seniman Norwegia yang telah tinggal di Brasil selama satu tahun.

“Tapi saya menyukai Brasil. Untuk sementara ini, Brasil bukanlah surga,” lanjut Andari, sambil menikmati sunset di pantai Ipanema.

Harga selangit di sini disebut sebagai “Custo Brasil,” campuran dari pajak dan tarif impor yang tinggi, dikombinasikan dengan infrastruktur yang buruk, dosis inefisiensi dan tebalnya birokrasi.

“Permintaan menjelang acara besar seperti Piala Dunia, secara alami menaikkan harga. Tapi, karena modal yang sudah cukup tinggi untuk memulai usaha, wisatawan harus mempersiapkan diri untuk menggali jauh ke dalam dompet mereka dan tidak terlalu jengkel untuk menerima barang atau jasa berkualitas rendah,” ujar Rafael Alcadipani, seorang profesor administrasi bisnis di Getulio Vargas Foundation.

“Apa pun yang Anda beli di Brasil akan lebih mahal daripada di Amerika Serikat atau Eropa, tapi kualitasnya juga buruk,” tambah Alcadipani.

Tarif hotel di banyak kota-kota penyelenggara Piala Dunia naik lebih dari dua kali lipat menjelang turnamen.

Berdasarkan data dari Trip Advisor, para pengunjung berada di Rio de Janeiro akan menghadapi harga tertinggi, dengan tarif kamar rata-rata sekitar Rp 5 juta semalam. Kemudian paling tidak harus mempersiapkan untuk menghabiskan Rp 8 juta setiap hari.

Kota termahal berikutnya adalah Fortaleza dan Manaus, di mana biaya rata-rata harian yang diperkirakan sebesar Rp 7 juta dan $ Rp 6.5 juta untuk masing-masing kota.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s